Bersepeda: Menyenangkan, Sehat, Banyak Hikmah


Ini pertamakalinya bersepeda sejauh ini. Cartil akhirnya terlewati. Bagaimanapun bagi saya ini adalah sebuah prestasi, walaupun untuk sampai ke puncaknya masih harus beberapa kali berhenti dan sesekali berjalan kaki.

Saya sepanjang bersepeda tadi jadi ingat dengan salah satu ayat Q.S Al-Anam 125: “Barangsiapa yang Allah menghendaki akan memberikannya petunjuk, niscahya Dia melapangkan dadanya untuk memeluk Islam. Dan barangsiapa yang dikehendaki Allah kesesatannya, niscahya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki ke langit.”

Jadilah saya tadi seperti sedang melakukan simulasi kecil berkaitan dengan ayat ini. Saya berusaha melawan semua beratnya nafas dan lelahnya langkah, seolah-olah saya sedang bersusah payah menjemput janji Allah untuk meraih Surga. Lalu saat sampai di atas; saat alam menyuguhi pemandangan indah, terbayar sudah semua rasa lelah tadi.

Satu lagi, hal ini juga saya lakukan sebagai pembuktian dari pernyataan salah seorang yang saya hormati dulu. Beliau pernah berkata demikian: “Lakukan hal yang memang pantas kamu dapatkan di akhir pekan”.

Bersepeda bisa jadi jawabannya. Menyenangkan, menyehatkan, dan mengandung banyak hikmah di baliknya :D

 


Leave a Reply